Latest Games :
.
Home » » Pengertian Makna Ihsan

Pengertian Makna Ihsan

Minggu, 17 November 2013 | 0 komentar

Ihsan secara bahasa Arab: احسان adalah kata dalam bahasa Arab yang berarti "kesempurnaan" atau "terbaik".

Ihsan adalah lawan dari isa'ah (berbuat kejelekan), yaitu seorang manusia mencurahkan kebaikan dan menahan diri untuk tidak mengganggu orang lain. Mencurahkan kebaikan kepada hamba-hamba Allah dengan harta, ilmu, kedudukan dan badannya

Ihsan berasal dari kata (حَسُنَ) yang artinya berbuat baik, sedangkan bentuk masdarnya adalah (اِحْسَانْ), yang artinya kebaikan. Dalam Al-Qur`an, terdapat seratus enam puluh enam (166) ayat yang berbicara tentang ihsan dan implementasinya. Dari sini kita dapat menarik satu makna, betapa mulia dan agungnya perilaku dan sifat ihsan ini, hingga mendapat porsi yang sangat istimewa dalam Al-Qur`an.

Beberapa ayat al-Qur’an yang menjelaskan tentang keutamaan ihsan dan perintah melaksanakannya, di antaranya, adalah sebagai berikut:

وَأَحْسِنُوا إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ
“…Dan berbuat baiklah kalian karena sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berbuat baik.” (al-Baqarah:195)

وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَى وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ
“…Dan berbuat baiklah terhadap dua orang ibu bapak, kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat maupun yang jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan para hamba sahayamu….” (an-Nisaa`: 36)

وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا وَإِنَّ اللَّهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ
Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar- benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami. Dan Sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.(QS. Al-Ankabut, 69)

Dilihat dari macam-macamnya, setidak-tidaknya ada tiga macam ihsan, yaitu :
  1. ihsan kepada Allah
  2. ihsan kepada manusia dan 
  3. ihsan kepada segala sesuatu.

Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Al Mamuniyah | Rohis | Admin
Copyright © 2011. ROHIS - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger