Latest Games :
.
Home » » Ihsan kepada hewan dan lainnya

Ihsan kepada hewan dan lainnya

Senin, 18 November 2013 | 0 komentar

Selain ihsan kepada Allah dan sesama manusia, kita juga diperintahkan untuk berbuat ihsan kepada yang lain, seperti ihsan kepada hewan dan alam di sekitarnya. Ihsan di sini adalah berbuat sesuatu dengan cara yang baik, santun dan penuh kasih sayang. Nabi Saw bersabda:

اِنَّ اللهَ كَتَبَ عَلَيْكُمُ اْلِاحْسَانَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ فَاِذَا قَتَلْتُمْ فَاَحْسِنُوْ الْقَتْلَةَ وَ اِذَا ذَبَحْتُمْ فَاَحْسِنُوْ الذَّبْحَةَ

“Sesungguhnya Allah telah mewajibkan atas kalian untuk berbuat baik (ihsan) pada segala sesuatu, maka jika kamu membunuh, bunuhlah dengan baik, dan jika kamu menyembelih, sembelihlah dengan baik…” (HR. Muslim)

Berdasarkan hadits tersebut kita diwajibkan berbuat ihsan dalam segala hal. Jika ihsan kepada Allah dilakukan dengan melakukan ibadah yang khusyu, merasakan adanya kedekatan dengan Allah, sehingga seakan-akan sedang beraudensi dengan Allah, dan ihsan kepada manusia dengan berbuat kasih sayang kepada sesama tanpa pamrih, tulus dan ikhlas meski pernah diperlakukan tidak baik, maka ihsan kepada yang lain termasuk kepada hewan adalah dengan cara yang santun dan kasih sayang. Misalnya saat mau menyembelih hewan, maka cara bersikap ihsan kepadanya adalah dengan mempersiapkan pisau yang tajam sehingga tidak terlalu menyakitkan saat menyembelihnya.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Al Mamuniyah | Rohis | Admin
Copyright © 2011. ROHIS - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger